Perbaiki CV /Remake CV Untuk Karir Lebih Baik Sesi Pertama

By | March 1, 2018
A merry Christuti

pembawa materi remake CV

tema pertama bagaimana mencari kelebihan diri kita untuk diletakkan di halaman 1, tema ini akan dibawakan oleh bu merry dengan nama lengkap A. Merry Christuti dan alamat linkedinnya Linkedin A. Merry Christuti.  linkedin saya sendiri Linkedin Saeful Bahri

materi pembalajaran tentang remake cv dengan yang sudah di jaman now ini melalui voice note group jadi akan saya terjemahkan ke tulisan supaya mudah di pahami, dan jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini atau bisa juga rekan-rekan bergabung di group telegram kami Telegram Group CVRemake & CareerDev.

pada dasarnya cv itu adalah bentuk dari jualan tentang kita, jadi kalo kita mau menjual siapa kita berarti cvnya harus bagus, harus representasi dari diri kita, pengalaman kita, skill kita dan dengan tujuan kita mau apa dengan cv itu. contohnya mau cari pekerjaan yang lebih baik, mau naik jabatan.

kalo kita mau jual diri kita, berarti sama aja seperti bagaimana kita meletakkan layout atau posisi dari apa yang mau kita jual tentunya yang bagus-bagus ada di paling depan, contohnya skill kita.

sama halnya seperti kita pergi berbelanja ke mall, mau beli misal ac, tv dan segala macam, halaman pertama pasti isinya foto barangnya, keunggulannya, demikian juga dengan cv yang kita buat.

apa yang saya lakukan dan dari beberapa rekan saya lakukan juga dalam cv saya adalah kita harus bisa menggali siapa kita dan kita mampunya dimana, banyak yang tidak mengerti siapa diri mereka sendiri dan mereka bingung apa sih yang harus mereka tonjolkan dalam cv saya.

pertanyaannya
pertanyaan pertama, kenapa lebih di dahulukan skill di halaman pertama daripada eksperience atau achivement atas apa yang akan kita lakukan ?

jawaban : pada dasarnya kenapa diletakkan di halaman 1 adalah skill kita, apa yang kita mampu, apa yang terbaik yang kita bisa lakukan supaya yang interview melalui halaman satu sudah bisa membaca siapa kita, itu adalah tujuan dasarnya. jadi kalo kita mampu disitu dan kita mau menjual itu, biarkan penginterview fokus ke halaman pertama dan biarkan mereka mengeksplor kita dari halaman pertama, karena halaman lain hanyalah data pendukung tetapi halaman pertama dan kedua itu adalah critical pages yang berarti halaman-halaman wajib yang mereka harus baca, sisanya mereka akan bertanya kepada kita melalui sesi intereview dan akan kroscek di halaman 3 dan seterusnya.

pertanyaan kedua, banyak lulusan sekolah menengah atas, mahasiswa ataupun fresh graduate yang masih bingung mengisi keahlian, skill mereka dan terkadang masih banyak juga yang merasa tidak memiliki keahlian ataupun skill apalagi banyak juga yang tidak aktif kegiatan di kampus bahkan mungkin merasa tidak memiliki keahlian sama sekali, lalu bagaimana cara mengisi skill kita itu ?

jawaban : pada dasarnya seorang fresh graduate pun mereka memiliki kemampuan hanya mereka tidak tahu mesti mencantumkan apa, contoh mereka biasa tergabung dalam lingkungan dan mungkin dipercaya untuk menjadi decision maker, berarti dia biasa dalam berinteraksi dengan orang dan menyelesaikan masalah, itu adalah keunggulan, keunggulan seperti problem solving, negosiasi, mediator, inovator, hal-hal seperti itu yang harus dicantumkan.

pertanyaan ketiga, bagaimana cara mencantumkan foto yang baik ?
jawaban : foto harus profesional dan bagus terlihat muka yang lebih terang.

pertanyaan keempat, untuk pencantuman specialist apakah ada perbedaan ketika mencantumkan soft skill atau hard skill, mana yang harus di dahulukan ?
jawaban : kemampuan seperti MS word excel dll hukumnya wajib bisa tapi tidak perlu dicantumkan di halaman pertama

pertanyaan kelima, kalo kita punya skill dengan skala 1-7, skill yang keberapa yang harus kita tulis di dalam cv, apakah harus di atas 7 kita tulis semua atau mungkin ketika ada di skala 7 ke atas yang kita tulis dan untuk skala dibawah 6 mungkin tidak perlu ditulis karna ditakutkan akan menjadi bumerang sendiri ke kita.
jawaban : yang dimasukan ke spesialis adalah yang merasa di atas skala 7, dengan catatan kita memang benar mampu dan yakin keahlian kita itu memang memadai di atas skala 7, tapi ketika merasa blum terlalu jago tapi mampu mungkin bisa di taruh di bawah.

di salah satu contoh cv disini ada dcantumkan motto, ketika interview dan dtanya kenapa motto itu ada disitu ? lalu dijelaskan bahwa pemilik cv memulai karir tanpa pendidikan, tanpa background pendidikan , dan yang diterapkan dalam diri pemilik cv adalah selama 15 tahun bekerja semua dipelajari dari lapangan tidak ada yang mengajari tapi rajin bertanya rajin membaca dan rajin menulis. dari situlah kenapa harus dicantumkan hal-hal yang ingin mereka ketahui tentang kamu di halaman pertama

Download Contoh Remake CV 

sesi pertama sudah selesai dan tunggu sesi berikutnya karena materi remake cv belum selesai masih banyak lanjutannya, jika ada pertanyaan atau masukan bisa langsung komentar di kolom bawah, selalu jalin silaturahmi ya, selalu pantau blog ini untuk informasi terbaru dan update remake cv. 🙂

One thought on “Perbaiki CV /Remake CV Untuk Karir Lebih Baik Sesi Pertama

  1. Pingback: History Dibentuk Group CV Remake & Career Development (CVRCD) - Personal Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *